Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi

Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi – Ambeien adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit ambeien.

Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik.

Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi

Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi

Ada beberapa tahap untuk penyakit ambeien atau wasir pada tahap pertama tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar.

  • Tahap ke 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.
  • Tahap ke 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.
  • Tahap ke4 , Ambeien / Wasir akan terus keluar walaupun sudah didorong dan bentuknya akan mulai tampak jelas bahkan sedemikian besarnya dapat membentuk lingkaran disekitar lubang dubur.

Penyakit ambeien terbagi menjadi dua jenis yakni ambeien internal dan ambeien eksternal. Berikut penjelasannya :

  1. Ambeien internal
    Ambeien internal merupakan ambeien yang terjadi dengan adanya pembengkakan pada bagian dalam anus atau bagian dalam rektum namun kita tidak bisa melihat atau juga merabanya. Ambeien internal tidak menimbulkan rasa sakit karena jumlah saraf yang ada di dalam rektum sedikit. Ambeien internal ini biasanya ditandai dengan gejala keluarnya darah saat sedang buang air besar. Penyakit ambeien internal ini memang tidak sakit namun bukan berarti ntidak berbaaya, jika ambeien iinternal ini membesar maka akan keluar menuju bibir anus dan hal ini malah akan menyebabkan munculnya rasa sakit. Dan jika sudah sembuh biasanya ambeien ini akan masuk dengan sendirinya, namun terkadang harus didorong menggunakan tangan.
  2. Ambeien eksternal
    Ambeien eksternal merupakan salah satu jenis penyakit ambeien yang terjadi pada mulut anus yang bisa menimbulkan rasa sakit dan juga perih, rasa gatal pada anus. Dan jika ambeien terdorong keluar menuju ke anus dengan keluarnya feses juga, maka biasanya akan menimbulkan terjadinya penggumpalan darah atau trombosis, sehingga kemudian ambeien ini akan menjadi berwarna biru atau ungu.

Gejala yang muncul pada penyakit ambeien adalah ditandai dengan darah yang keluar saat sedang buang air besar, dan jika penderita tidak langsung menangani masalah ini malah akan menyebabkan terjadinya pendarahan dan menyebakan masalah penyakit anemia. Selain itu, gejala lain dari ambeien adalah keluarnya benjolan pada permukaan anus yang membuat Anda harus memasukkannya lagi menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat. Untuk kasus yang ringan, biasanya prolaps atau benjolan ini akan masuk dengan sendirinya. Dan jika ambeien ini mengalami pembegkakan, maka akan terasa nyeri disaat ambeien mengalami gesekan dengan feses yang keluar.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari penyakit ambeien :

  1. Duduk yang terlalu lama
  2. Melakukan aktivitas seksual yang tidak wajar
  3. Kurang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga
  4. Terjadinya diare menahun dan susah buang air besar
  5. Akibat faktor keturunan dan faktor genetik.

Pola hidup yang sehat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah masalah penyakit wasir. Untuk menjaga kesehatan pencernaan agar saat proses buang air besar feses bisa dengan mudah dikeluarkan maka caranya adalah dengan mengurangi terjadinya tekanan dan juga tegangan yang terjadi pada organ anus. Dan sebaiknya jangan pernah menahan untuk buang air besar.

Cara mengatasi ambeien tanpa operasi bisa dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini :

  1. Minum air putih
    Minum air putih yang cukup sebanyak 8 gelas dalam sehari bisa membantu untuk mencegah masalah wasir dan melancarkan sistem pengeluaran saat buang air besar.
  2. Makan-makanan serat
    Makanan serat merupakan salah satu makanan yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah penyakit. Karena makanan serat akan membantu proses pengeluaran saat buang air besar menjadi lebih lancar, dan bisa membantu memberikan zat antioksidan sehingga mencegah terjadinya serangan radikal bebas dalam tubuh. manfaat serat untuk penyakit ambeien adalah untuk membantu membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga kita tidak perlu mengedan saat akan buang air besar dan tidak akan memicu timbulnya masalah penyakit ambeien.
  3. Jangan duduk dan berdiri terlalu lama
    karena salah satu penyebab dari terjadinya ambeien adalah akibat duduk terlalu lama maka sebaiknya jika pekerjaan Anda menuntut duduk harus terlalu lama, sebaiknya regangkan tubuh Anda dengan sedikit berjalan-jalan dan merubah posisi duduk.

Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Ambein and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>